Psikologi Pendidikan dan Teknologi
Mekipun tidak selalu memiliki danpak yang positif, tetapi, kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan
dari kehidupan masyarakat. Berbagai
informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini dapat langsung kita ketahui berkat
kemajuan teknologi. Terutama dalam dunia pendidikan. Semakin berkembangnya teknologi sangat mempengaruhi proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Teknologi merupakan
bagian dari alat pendidikan yang sudah merambah di semua bagian negara. Teknologi memberikan kemudahan baik bagi pengajar
maupun peserta didik dalam mengakses informasi pembelajaran. Dampak yang sangat jelas dirasakan
dalam kemajuan teknologi adalah dalam aktivitas pembelajaran. Pengunaan komputer dalam
pembelajaran merupakan aplikasi teknologi dalam pendidikan. Pada dasarnya
teknologi dapat menunjang proses pencapaian tujuan pendidikan. Setiap proses belajar-mengajar sudah
menggunakan teknologi yang serba cepat agar dapat menerima informasi secara
cepat dan akurat.
sebelumnya kita harus tau dulu apa itu psikologi pendidikan, psikologi pendidikan itu adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami dan pembelajaran dalam ruang lingkup pendidikan, psikologi pendidikan lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar peserta didik.
sebelumnya kita harus tau dulu apa itu psikologi pendidikan, psikologi pendidikan itu adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami dan pembelajaran dalam ruang lingkup pendidikan, psikologi pendidikan lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar peserta didik.
Perencanaan
dan Instruksi Pelajaran Teacher -Centered
Perencanaaan
Pelajaran Teacher-Centered : memiliki 3 alat umum yaitu :
1.
Menciptakan sasaran
behavioral:
sasaran behavioral disini merupakan perubahan yang diharapkan oleh guru yang
akan terjadi dalam kinerja murid. Didalamnya harus menganundung 3 hal yaitu;
prilaku murid (apa yang akan dipelajari oleh murid), kondisi dimana perilaku
terjadi ( bagaimana prilaku akan dievaluasi), dan kriterua kinerja (menentukan
level kinerja).
2.
Menganalisis tugas
:
difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi
komponen –koomponen
3.
Menyusun taksonomi
instruksional:
a)
Domain kognitif:
·
Pengetahuan : kemampuan murid mengingat informasi
·
Pemahaman: murid memahami informasi dan dapat menerangkan
menggunakan kalimat sendiri
·
Aplikasi: menggunakan pengetahuan murid untuk memecahkan
masalah
·
Analisis: murid memecahkan informasi yang kompleks
menjadi bagian kecil dan mengaitkannya dengan informasi lain
·
Sintesis: murid mengkombinasikan elemen-elemen dan
menciptakan informasi baru
·
Evaluasi: murid membuat penilaian dan keputusan yang baik
b)
Domain afektif:
·
Penerimaan
·
Respon
·
Menghargai
·
Pengorganisasian
·
Menghargai karakterisasi
c)
Domain psikomotor :
·
Gerak refleks
·
Gerak fundamental dasar
·
Kemampuan perseptualkemampuan fisik
·
Gerakan terlatih
·
Prilaku mendiskusif
Strategi
instruksi Teacher-centered :
·
Menngorientasikan
·
Pengajaran, penjelasan, dan demonstrasi
·
Pertanyaan dan diskusi
·
Mastery
learning
·
Seatwork
·
Pekerjaan rumah
Perencanaan
dan Instruksi Learner-Centered
Prinsip learer centered adalah pada siswa, dimana siswa
harus lebih aktif dari pada gurunya. Prinsip ini memiliki 4 faktor yaitu
·
Kognitif dan metakognitif
·
Motivasi dan emosional
·
Sosial dan developmental
·
Perbedaan individual
Strategi learner-centered
antara lain :
a.
Pembelajaran berbasis problem : menekankan
pada pemecahan masalah dikehidupan nyata
b.
Pertanyaan esensial : merupakan pertanyaan
yang merefleksikan inti dari kurikulum yang akan dieksploresi dan dipelajari
oleh murid
c.
Pembelajaran penemuan: adalah pembelajaran
dimana murid akan menyusun pemahamannya sendiri.
Teknologi dan Pendidikan
teknologi merupakan
bagian dari alat pendidikan yang sudah merevolusi di semua bagian negara.
Setiap proses belajar-mengajar sudah menggunakan teknologi yang serba cepat
agar dapat menerima informasi secara cepat dan akurat. Internet adalah salah
satu fasilitas yang sangat dekat dengan para pendidik maupun yang dididik.
Karena terdapat beberapa akses internet di tempat-tempat tertentu, tanpa
memungut biaya (gratis).
-
Revolusi Teknologi
Revolusi
Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kini kita hidup.
a. internet merupakan Inti
dari komunitas melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan
komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak
terhingga yang dapat diakses murid.
b.
Word Wide Web adalah sistem pengambilan informasi
hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet, materi ini mencakup
teks dan grafis.
c.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di
internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau
organisasi
Dalam pengembangan teknologi
pendidikan yang senantiasa berhubungan dengan program pendidikan untuk
kepentingan peserta didik, maka landasan psikologi mutlak harus dijadikan dasar
dalam proses pengembangan teknologi pendidikan. Perkembangan yang dialami oleh
peserta didik pada umumnya diperoleh melalui proses belajar. Guru sebagai
pendidik harus mengupayakan cara / metode yang lebih baik untuk melaksanakan
proses pembelajaran guna mendapatkan hasil yang optimal, dalam hal ini proses
pembelajaran mutlak diperlukan pemikiran yang mendalam dengan memperhatikan
psikologi belajar. dalam Teknologi pendidikan tujuan utamanya yaitu untuk
memecahkan masalah belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut kita harus
mengetahui dan mempelajari karakteristik dari si belajar itu sendiri. Sedangkan
kalau ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan mempelajari
tingkah laku lahiriah dengan menggunakan pengamatan objektif terhadap
rangsangan dalam hubungannya pada alam sekitar atau lingkungan. Jadi hubungan Psikologi dan Teknologi Pendidikan adalah Jika membuat
sistem yang ditujukan untuk pemecahan masalah belajar maka dibutuhkan untuk
mengetahui latar belakang sasaran yang akan dituju agar tepat dan menghasilkan
sistem yang optimal.
sekian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar