Senin, 03 April 2017

resume "Psikologi Pendidikan dan Teknologi"

Psikologi Pendidikan dan Teknologi
 Mekipun tidak selalu memiliki danpak yang positif, tetapi, kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Terutama dalam dunia pendidikan. Semakin berkembangnya teknologi sangat mempengaruhi proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Teknologi merupakan bagian dari alat pendidikan yang sudah merambah di semua bagian negara. Teknologi memberikan kemudahan baik bagi pengajar maupun peserta didik dalam mengakses informasi pembelajaran.  Dampak yang sangat jelas dirasakan dalam kemajuan teknologi adalah dalam aktivitas pembelajaran. Pengunaan komputer dalam pembelajaran merupakan aplikasi teknologi dalam pendidikan. Pada dasarnya teknologi dapat menunjang proses pencapaian tujuan pendidikan. Setiap proses belajar-mengajar sudah menggunakan teknologi yang serba cepat agar dapat menerima informasi secara cepat dan akurat. 
sebelumnya kita harus tau dulu apa itu psikologi pendidikan, psikologi pendidikan itu adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami dan pembelajaran dalam ruang lingkup pendidikan, psikologi pendidikan lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar peserta didik.

Perencanaan dan Instruksi Pelajaran Teacher -Centered
Perencanaaan Pelajaran Teacher-Centered : memiliki 3 alat umum yaitu :
1.      Menciptakan sasaran behavioral: sasaran behavioral disini merupakan perubahan yang diharapkan oleh guru yang akan terjadi dalam kinerja murid. Didalamnya harus menganundung 3 hal yaitu; prilaku murid (apa yang akan dipelajari oleh murid), kondisi dimana perilaku terjadi ( bagaimana prilaku akan dievaluasi), dan kriterua kinerja (menentukan level kinerja).
2.      Menganalisis tugas : difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen –koomponen
3.      Menyusun taksonomi instruksional:
a)      Domain kognitif:
·         Pengetahuan : kemampuan murid mengingat informasi
·         Pemahaman: murid memahami informasi dan dapat menerangkan menggunakan kalimat sendiri
·         Aplikasi: menggunakan pengetahuan murid untuk memecahkan masalah
·         Analisis: murid memecahkan informasi yang kompleks menjadi bagian kecil dan mengaitkannya dengan informasi lain
·         Sintesis: murid mengkombinasikan elemen-elemen dan menciptakan informasi baru
·         Evaluasi: murid membuat penilaian dan keputusan yang baik
b)      Domain afektif:
·         Penerimaan
·         Respon
·         Menghargai
·         Pengorganisasian
·         Menghargai karakterisasi
c)      Domain psikomotor :
·         Gerak refleks
·         Gerak fundamental dasar
·         Kemampuan perseptualkemampuan fisik
·         Gerakan terlatih
·         Prilaku mendiskusif
Strategi instruksi Teacher-centered :
·         Menngorientasikan
·         Pengajaran, penjelasan, dan demonstrasi
·         Pertanyaan dan diskusi
·         Mastery learning
·         Seatwork
·         Pekerjaan rumah

Perencanaan dan Instruksi Learner-Centered
Prinsip learer centered adalah pada siswa, dimana siswa harus lebih aktif dari pada gurunya. Prinsip ini memiliki 4 faktor yaitu
·         Kognitif dan metakognitif
·         Motivasi dan emosional
·         Sosial dan developmental
·         Perbedaan individual
Strategi learner-centered antara lain :
a.      Pembelajaran berbasis problem : menekankan pada pemecahan masalah dikehidupan nyata
b.      Pertanyaan esensial : merupakan pertanyaan yang merefleksikan inti dari kurikulum yang akan dieksploresi dan dipelajari oleh murid
c.       Pembelajaran penemuan: adalah pembelajaran dimana murid akan menyusun pemahamannya sendiri.
Teknologi dan Pendidikan

teknologi merupakan bagian dari alat pendidikan yang sudah merevolusi di semua bagian negara. Setiap proses belajar-mengajar sudah menggunakan teknologi yang serba cepat agar dapat menerima informasi secara cepat dan akurat. Internet adalah salah satu fasilitas yang sangat dekat dengan para pendidik maupun yang dididik. Karena terdapat beberapa akses internet di tempat-tempat tertentu, tanpa memungut biaya (gratis).

-      Revolusi Teknologi
Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kini kita hidup.

a.   internet  merupakan Inti dari komunitas melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
b.   Word Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet, materi ini mencakup teks dan grafis.
c.    Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi

Dalam pengembangan teknologi pendidikan yang senantiasa berhubungan dengan program pendidikan untuk kepentingan peserta didik, maka landasan psikologi mutlak harus dijadikan dasar dalam proses pengembangan teknologi pendidikan. Perkembangan yang dialami oleh peserta didik pada umumnya diperoleh melalui proses belajar. Guru sebagai pendidik harus mengupayakan cara / metode yang lebih baik untuk melaksanakan proses pembelajaran guna mendapatkan hasil yang optimal, dalam hal ini proses pembelajaran mutlak diperlukan pemikiran yang mendalam dengan memperhatikan psikologi belajar. dalam Teknologi pendidikan  tujuan utamanya yaitu untuk memecahkan masalah belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mengetahui dan mempelajari karakteristik dari si belajar itu sendiri. Sedangkan kalau ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan pengamatan objektif terhadap rangsangan dalam hubungannya pada alam sekitar atau lingkungan. Jadi hubungan  Psikologi dan Teknologi Pendidikan adalah Jika membuat sistem yang ditujukan untuk pemecahan masalah belajar maka dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang sasaran yang akan dituju agar tepat dan menghasilkan sistem yang optimal.





sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar