Senin, 03 April 2017

resume "Belajar"



Belajar
Apa sih yang dimaksud dengan belajar? Taukah kalian kalau tidak semua yang kita tahu itu diperoleh dari belajar? Terkadang kita mengetahui sesuatu berasal dari kemampuan yang kita miliki sejak lahir tanpa kita pelajari, contohnya adalah berkedip, menelan makanan, atau berteriak. Jadi apakah arti belajar yang sesungguhnya?
Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai pengaruh permanen atas prilaku, pengetahuan, dan keterampilan berpikir yang diperoleh dari pengalaman. Sehingga belajar dapat diartikan sebagai proses perubahan positif menuju kemajuan /perbaikan, dimana perubahan-perubahan itu tidak hanya perubahan lahir tetapi juga perubahan batin. Tidak hanya perubahan tingkah laku yang tampak, ttapi dapat juga sebagai perubahan yang tidak dapat diamati. Pendekatan dalam belajar yaitu.

Pendekatan Behavioral :
pendekatan ini lebih menekankan tentang arti penting bagaimana anak membentuk hubungannya antara pengalaman dan perilaku. Teori behavioristik adalah teori perkembangan prilaku yang dapat diukur, diamati, dan dihasilkan oleh respon pelajar terhadap rangsangan, yang terpenting adalah masukan atau input berupa stimulus dan output yang berupa respon.

·         Pengkondisian Klasik : dikemukakan oleh psikolog Rusia bernama Ivan Pavlov yang tertarik pada cara  tubuh mencerna makanan melalui eksperimennya dengan anjing, makanan, bel, dan air liurnya. Pengkondisian klasik adalah tipe pembelajaran dimana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimuli. Penkondisian klasik dapat berupa pengalaman negative dan positif didalam diri anak dikelas. Pengkondisian klasik membantu  kita memahami beberapa aspek pembelajaran dengan lebih baik. Ini sangat membantu untuk memahami kecemasan dan ketakutan murid. Tetapi, cara ini tidak efektif untuk menjelaskan perilaku sukarela, seperti mengapa seorang murid belajar dengan keras untuk hanya satu mata pelajaran saja, atau mengapa seorang anak hanya menyukai suatu mata pelajaran tertentu, pada kasus ini, pengkondisian operan akan lebih relevan digunakan.

·         Pengkondisian Operan : adalah bentuk pembelajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari prilaku menghasilkan perubahan dalam suatu prilaku, apakah prilaku tersebut akan diulangi, atau malah dihindari dikemudian hari. Dikemukakan oleh B.F. Skinner yang didasari oleh pandangan E.L. Thorndike. Didalamnya ada penguat dan hukuman. Penguat (reinforcement) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu prilaku akan terjadi, penguat ada 2 jenis, yaitu penguat positif (dimana frekuensi respon menigkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung seperti reward), dan penguat negatif (dimana frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan penghilangan stimulus yang merugikan / tidak menyenangkan ). sedangkan hukuman (punishment) adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.


Pendekatan Kogitif Sosial untuk Pembelajaran :
      Pendekatan perilaku kognitif bertujuan agar murid memonitor, mengelola, dan mengatur perilakunya sendiri daripada dikontrol oleh factor eksternal. Beberapa menyebutnya dengan modivikasi perilaku kognitif. Perilaku ini berusaha mengubah miskonsepsi murid, memperkuat keterampilan mereka dalam mengatasi masalah, meningkatkan kontrol diri, dan mendorong refleksi diri konstruktif. Metode instruksi diri adalah sebuah teknik perilaku kognitif yang dimaksudkan untuk mengajari individu untuk memodifikasi perilaku mereka sendiri, metode ii dapat membantu orang untuk mengubah anggaan apa yang ada di dalam diri mereka. Pendekatan kognitif sosial memperluas cakupan pembelajaran dengan cara memasukkan faktor perilaku, kognitif, dan sosial. Pembelajaran dilakukan dengan cara mengamati dan mendengarkan model yang kompeten dan kemudian meniru apa yang mereka lakukan. Pembelajaran observasional  dinamakan juga sebagai mitasi atau modeling, adalah pembelajaran yang dilakukan ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain. Konsep pembelajaran secara observasi dinilai penting dan banyak diterapkan dalam pembelajaran dikelas karna strategi ini dianggap dapat meningkatkan kemampuan belajar murid secara signifikan. 

sekian ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar